Blogroll

Rabu, 03 Januari 2018

4 Hal Penting yang Wajib Dipahami Generasi Milenial tentang KPR




Generasi milenial kini sedang memasuki usia produktif. Selain giat bekerja, generasi yang satu ini juga harus lebih cermat berinvestasi mulai sekarang. Investasi uang dengan jumlah kecil bisa dilakukan melalui Mekar.id. Karena Mekar.id adalah perusahaan yang menjadi perantara bagi proses investasi dan pinjaman tambahan modal bagi pengembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bunga deposito tertinggi nilainya hampir setara dengan investasi di Mekar.id. Keamanannya pun terjamin karena diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain investasi uang, generasi milenial juga harus cermat berinvestasi di bidang properti. Tak masalah bila belum bisa membeli rumah secara tunai. Karena kini ada program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang bisa memfasilitasi pembelian rumah dengan proses cicilan. Empat hal penting berikut ini wajib dipahami generasi milenial sebelum mengajukan KPR:

Menyiapkan Uang Muka yang Mencukupi

Uang muka (Down Payment atau DP) adalah salah satu syarat utama pengajuan KPR. Anda harus mengumpulkan uang muka yang mencukupi sebelum mengajukan KPR. Biasanya jumlah uang muka untuk KPR minimal 20% dari total harga rumah. Manfaatkan tabungan dan aset lain yang Anda miliki untuk memenuhi kewajiban uang muka KPR.

Pendapatan yang Cukup untuk Membayar Cicilan KPR

Bank biasanya menetapkan jumlah cicilan KPR maksimal 30% dari total pendapatan per bulan. Hal ini penting karena Anda masih memiliki kebutuhan lain dan kepentingan menabung. Jika pendapatan Anda dirasa tidak memenuhi syarat KPR, bank akan menolak proses KPR yang Anda ajukan.

Memilih Rumah yang Lokasinya Strategis

Jangan langsung tergiur dengan harga rumah super murah yang ditawarkan pihak pengembang. Alangkah lebih baik jika Anda memilih rumah yang lokasinya strategis, tak jauh dari rumah Anda saat ini atau lokasi kerja. Dengan demikian, Anda tak membutuhkan biaya transportasi ekstra besar atau waktu yang lama ketika tinggal di rumah baru. Rumah yang lokasinya strategis juga menjadi sarana investasi yang tepat karena nilainya cepat meningkat seiring berjalannya waktu.

Memahami Proses Penghitungan Bunga KPR

Beda jenis KPR, beda pula total bunga yang harus Anda bayarkan. Oleh sebab itu, Anda wajib memahami proses penghitungan bunga KPR dengan benar. Jika tak berkesempatan mendapatkan KPR dengan bunga flat, pilihlah KPR yang mengakumulasikan bunga dan total pinjaman menjadi angsuran tetap. Nanti Anda tak akan direpotkan oleh jumlah cicilan yang semakin mahal ketika mengangsur.

Memiliki hunian pribadi sebenarnya bukan hal mustahil bagi generasi muda. Jika Anda giat menabung dan berinvestasi, tabungan Anda pasti lebih dari cukup untuk mengajukan KPR. Jadikan rumah pribadi Anda sebagai investasi berharga yang sudah Anda miliki sedini mungkin.

3 komentar:

  1. Nice share ya, jadi pengetahuan baru nih.
    Semoga yang lainnya yang baca juga jadi tahu, bermanfaat..

    BalasHapus