Danau Biru Dan Gurun Pasir Ala Bintan

by - June 08, 2017

Ada banyak tempat wisata baru di Pulau Bintan. Kalau ingin melihat birunya danau ataupun gurun pasir, anda tak perlu jauh-jauh keluar negeri bisa langsung datang ke Pulau Bintan. Tempat yang dulunya dipergunakan untuk pertambangan pasir kini telah disulap menjadi tempat wisata baru bagi masyarakat Pulau Bintan dan sekitarnya. Tempat-tempat tersebut dikelola oleh masyarakat sekitar dan secara tidak langsung mendatangkan lapangan pekerjaan buat masyarakat sekitar. Ada yang berjualan diarea tempat wisata ataupun jadi juru parkir. 

Berikut akan saya infokan beberapa tempat wisata danau biru dan gurun pasir yang sudah beberapa kali saya kunjungi. Cekidot guys,,,

1. Danau Biru Sei Lepan

danau biru bekas galian tambang di bintan
Rumah pohon danau biru Sei Lepan

Danau biru yang terletak di Desa Sei Lepan Bintan ini bisa ditempuh dengan menggunakan mobil ataupun motor. Untuk sampai di danau birunya kita harus menyebrangi sungai dengan menggunakan pokcay. Pokcay adalah alat transportasi seperti rakit yang selain bisa mengangkut penumpang, bisa juga mengangkut motor. Biaya untuk naik pokcay sekitar 20k PP untuk 1 (satu) buah motor. Bagi yang menggunakan mobil biasanya mobil diletakkan dipelabuhan dan hanya penumpangnya saja yang ikut menyebrang dengan pokcay. Disini sudah tersedia berbagai fasilitas yang bisa digunakan. Diantaranya adalah rumah pohon dengan tarif 2k per orang selama 15 menit, kapal-kapalan 20k per kapal, dan beberapa pondok untuk bersantai. Tempat wisata yang baru resmi dibuka untuk umum pada tanggal 02 April 2017 ini dikelola oleh BUMDes.
danau biru bekas galian tambang di bintan
Kapal-kapalan
   
2. Telaga Biru Busung
danau biru bekas galian tambang di bintan
Pelantar Telaga Biru

Telaga Biru ini terletak di Desa Busung Bintan. Perjalanan dari Tanjungpinang sekitar 1 (satu) jam dengan menggunakan mobil ataupun motor. Untuk masuk ke tempat wisata ini anda harus membayar parkir untuk mobil 3k dan motor 2K. Disini terdapat beberapa spot foto yang instagramable. untuk foto anda dikenakan biaya 5k disetiap spot-spot foto.
3. Danau Biru Kawal
danau biru bekas galian tambang di bintan
Danau Biru Kawal
Danau biru yang ini letaknya di Desa Kawal Bintan. Perjalanan dari Tanjungpinang sekitar 30 (tiga puluh) menit dengan menggunakan mobil ataupun motor. Berbeda dengan Danau Biru Sei Lepan dan Telaga Biru Busung yang sudah tidak aktif lagi pertambangannya, disini masih terlihat aktifitas pertambangan. Anda harus meminta izin dulu untuk masuk ke area ini karena terdapat beberapa alat berat.
4. Gurun Pasir Busung
danau biru bekas galian tambang di bintan
Gurun Pasir
Gurun Pasir ini letaknya bersebelahan dengan Telaga Biru. Terdapat beberapa spot foto dengan biaya 5k. Unta-untaan ini terbuat dari triplek agar kesannya seperti di gurun pasir beneran.
5. Gurun Pasir Kembar
danau biru bekas galian tambang di bintan
Gurun Pasir Kembar
Lokasi ini berada tak jauh dari gurun pasir busung. Hanya saja sebenarnya lokasi ini tidak diperbolehkan untuk masuk karna ada portal larangan untuk masuk. 
6. Bukit Es Krim
danau biru bekas galian tambang di bintan
Bukit Es Krim
Lokasinya berada di Desa Kuala Sempang Bintan. Untuk sampai ke tempat wisata ini kita harus melewati jembatan kayu yang sudah lama dan hampir rusak. Sangat tidak disarankan menggunakan mobil untuk kesini karena khawatir jembatan akan ambruk.
Kira-kira seperti itulah tempat wisata baru yang ada di Bintan yang sudah pernah saya kunjungi. Next saya akan review lagi tempat-tempat wisata yang ada di Tanjungpinang, Bintan dan sekitarnya. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.

Ciiiaaaaaooooo,,,
 
 
 

You May Also Like

0 comments