Menyambut Ramadhan Dengan Berkunjung Ke Rumah Bahagia Bintan

panti jompo rumah bahagia bintan
Rumah Bahagia Bintan
Bulan Ramadhan sudah didepan mata. Untuk menyambut kedatangannya, siang itu untuk yang pertama kalinya saya berkunjung ke panti jompo. Panti jompo yang terletak di daerah Bintan ini lebih dikenal dengan sebutan Rumah Bahagia Bintan karena rumah ini memang diperuntukkan bagi yang sudah lanjut usia yang mencari teman untuk berbagi suka.

panti jompo rumah bahagia bintan
Turiati, Ketua Yayasan

Rumah Bahagia Bintan dikelola oleh Yayasan Rumah Bahagia Bintan yang dimiliki oleh Fiven sumanti. Yayasan ini di ketuai oleh Turiati dan dibantu oleh 5 orang pengurus yayasan. Selain pengurus yayasan juga ada 32 mahasiswa dari Poltekkes Tanjungpinang yang sedang melakukan magang selama 2 minggu disini. Mereka membantu pihak yayasan untuk mengurus dan merawat para lanjut usia yang ada di rumah bahagia.

panti jompo rumah bahagia bintan
Syamsidar (94 tahun) bersama perawat
Rumah Bahagia Bintan didirikan pada tahun 2006 dan mulai beroperasi pada tahun 2007. Awalnya hanya berisi sekitar 8 orang lansia. Sekarang telah berisi 40 orang lansia. Usia mereka mulai dari 60 tahun keatas. Yang paling tua bernama Syamsidar yang berusia 94 tahun. Beliau hanya bisa terbaring lemah dan sering mengeluh sesak nafas sehingga beliau membutuhkan oksigen dan ada perawat yang selalu siap siaga membantu beliau.
panti jompo rumah bahagia bintan
Kamar
panti jompo rumah bahagia bintan
Kamar Mandi

panti jompo rumah bahagia bintan
Musholla

panti jompo rumah bahagia bintan
Ruang Kesehatan
Ada beberapa fasilitas yang ada di rumah bahagia. Setiap kamar diisi oleh 3 orang lansia. Didalamnya terdapat tempat tidur, lemari pakaian, kipas angin dan meja rias. Ada juga toilet, musholla, ruang kesehatan dan dapur. 

panti jompo rumah bahagia bintan
Kagiatan di Rumah Bahagia Bintan
Untuk kegiatan sehari-hari para lansia sudah diatur oleh pihak yayasan. Mereka biasanya menghabiskan waktu dengan membuat kerajinan tangan, menanam bunga dan bermain rebana. Salah satu kerajinan tangan yang mereka buat adalah alas panci dari kain perca. Hasil kerajinannya dijual kepada pengunjung yang datang. Untuk 3 buah alas panci dihargai 10k saja.

panti jompo rumah bahagia bintan
Kerajinan Tangan berupa Alas Panci

Ada beberapa alasan kenapa mereka bisa berada di rumah bahagia ini. Diantaranya karena mereka memang sudah tidak punya keluarga lagi dan kalau pun masih memiliki keluarga, keluarga mereka tergolong keluarga yang kurang mampu. Sehingga mereka terpaksa menitipkan keluarganya yang sudah lansia kesini.

panti jompo rumah bahagia bintan
Para lansia sedang bermain rebana bersama mahasiswa magang

Alhamdulillah para lansia disini selalu bergembira. Mereka melakukan kegiatan bersama-sama, saling berbagi cerita dan bersenda gurau kepada sesama. Mereka masih memiliki semangat seperti saat kedatangan saya kemarin disambut oleh rebana yang dimainkan oleh para lansia. Terharu melihat mereka yang walaupun usianya sudah senja tapi masih punya semangat yang luar biasa. Sayangnya saya disana hanya sebentar, tak lebih dari 1 jam. Tapi saya sangat senang melihat mereka begitu bahagia jika anda yang datang berkunjung.

panti jompo rumah bahagia bintan
Bantuan dari donatur

Yayasan Rumah Bahagia Bintan ini dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Bintan. Ada juga donatur yang datang untuk memberikan bantuan. Jika kalian memiliki rezeki lebih dan ingin berbagi kepada para lansia bisa langsung datang ke Rumah Bahagia Bintan.


Rumah Bahagia Bintan

Kampung Karang Rejo
Kelurahan Kawal
Kecamatan Gunung Kijang
Kabupaten Bintan
Email : Rumahbahagiabintan@yahoo.com
HP : 0852 7250 8404




16 comments:

  1. Kukira di indonesia hanya ada rumah panti asuhan, ternyata skrng ada rumah utk lansia...dan anehnya kok makin lama makin banyak saja yg tinggal disitu, dimana anak anaknya? Apa memang mereka sebatang kara? Dan apa lantaran karena ekonomi mereka jadi di tempatkan di rumah lansia oleh keluarganya... tetiba aku jdi sedih...padahal para lansia tsb bahagia tinggal disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan dr mereka mmg karna faktor ekonomi kak. Tp ada jg keluarga yg mmg sengaja menitipkan kesitu karna gak mau ngurusin. Aku jg sempat berkaca2 kak pas nyampe sana lgs disambut rebana sm lansia disana. Hhuuuuu, teringat ortu dirumah. Smg kl ortu sudah renta aku msh dikasih kesempatan buat merawat mereka

      Delete
  2. Positifnya, banyak lansia yang tidak terlantar lagi ya, jadi mereka Ada yang mendampingi. Alhamdulillah sih, tapi anak2 beliau2 pada kemana ya kira2. Nice info sist, semoga rezeky mereka selalu dilapangkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga makin banyak donatur yang datang menyumbangkan sedikit rezeki buat para lansia.

      Delete
  3. Semoga lansia di Rumah Bahagia Bintan sehat selalu dan puasanya lancar ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin kak. Kmrn pas ditanyain mereka kompak jawabnya pada siap puasa. Smg sehat2 terus biar lancar puasanya

      Delete
  4. Alhamdulillah ada tempat kayak gini, Tak ada lagi lansia yang terlantar. Selamat menjalankan ibadah puasa, marhaban ya ramadhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak, ada juga bbrp yg mmg sudah tidak punya keluarga dan tidak punya rumah. Dan akhirnya mereka dibawa ke rumah bahagia ini.

      Delete
  5. Wah kerenn nih kegiatannya, by the way Selamat Menjalankan Ibadah Puasa ya, semoga lancar tanpa kurang suatu apapun, Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi kak, Selamat menjalankan ibadah puasa juga. semoga lancar sampe lebaran nanti

      Delete
  6. selamat menunaikan ibadah puasa kakak. btw asik banget ya kegiatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah asyiknya kebangetan kak.
      Met puasa juga yaa

      Delete
  7. selamat berpuasa buat nenek yang ada rumah bahagia bintan. kemarin sempet lewat aja belum sempet mampir kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo kak, kapan2 mampir. Liat kegiatan mereka sehari2 bikin happy

      Delete
  8. bacanya mengharu biru..semoga nenek-nenek ini sehat terus ya..

    ReplyDelete

TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG