Tips Beli Tiket Kereta Api Via Online Menjelang Lebaran Untuk Pulang Kampung

Kereta Api


Tiket kereta api pasti banyak dibutuhkan oleh orang-orang yang hendak mudik, terutama mendekati lebaran seperti sekarang. Tidak heran bila beberapa dari mereka ada yang kehabisan karcis di saat-saat tersebut. Namun, tidak bila lekas memesannya secara online.

Keuntungan pemesanan tiket secara online adalah bisa menghemat waktu, bisa memilih tempat duduk dan mendapatkan banyak promo tiket kereta api terbaru .

Tips Memesan Tiket KA Untuk Mudik

Sampai saat ini, kereta api masih menjadi moda transportasi umum yang paling banyak dipilih karena sangat efektif untuk urusan ekspedisi jarak jauh. Kendaraan yang berjalan dengan cepat di atas rel tersebut menawarkan suasana perjalanan yang nyaman serta bebas macet, tapi biayanya cukup bersahabat. Apalagi, kini pemesanan karcis KA semakin mudah dengan hadirnya sistem online yang mampu menutupi kekurangan cara konvensional.

Namun, terdapat beberapa tips yang perlu Anda ketahui untuk mempermudah pembelian tiket, antara lain:

Pesan Jauh-jauh Hari
Biasanya, reservasi tiket dibuka sejak H-90 tanggal keberangkatan. Hal itu tidak hanya berlaku di situs resmi serta loket KAI, tapi juga seluruh jaringan penjualan yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut, termasuk OTA (Online Travel Agent). Dengan demikian, Anda dapat memesannya jauh-jauh hari agar mempunyai waktu persiapan yang lebih panjang. 

Lakukan Perhitungan Waktu yang Tepat
Penjualan pertama karcis KA umumnya diluncurkan dari pukul 24.00 setiap harinya. Di jam tersebut, bakal ada ratusan sampai ribuan calon pelanggan yang berebut untuk mendapatkan tiket. Bahkan, bisa lebih ketat bila menjelang mudik Hari Raya. Sehingga, kemungkinan untuk memperolehnya semakin kecil.
Apabila pada percobaan pertama Anda tidak kebagian, tunggu 1-3 jam kemudian dan pesan karcis kembali. Karena traffic data di situs penyedia tiket KA pada waktu-waktu tersebut sudah tidak terlalu ramai. Jika sudah mendapatkan karcis, segera lakukan pembayaran supaya tidak dijual lagi kepada orang lain.

Pilih Metode Pembayaran yang Mudah
Umumnya, situs OTA menyediakan beragam metode pembayaran, mulai dari transfer bank, ATM, kartu debit, kartu kredit, e-banking hingga gerai minimarket. Bahkan, ada juga yang menyediakan fitur dompet online. Pilih salah satu yang paling mudah supaya tiket bisa sampai dengan cepat dan tanpa masalah.

Manfaatkan Promo
Pada event-event tertentu, seperti Hari Raya, OTA biasanya menawarkan promo menarik serta menggiurkan. Mulai dari diskon hingga cashback ratusan ribu. Manfaatkan promo itu supaya Anda bisa menghemat biaya perjalanan.

Pastikan Koneksi Internet Selalu Stabil
Dengan koneksi internet yang stabil, Anda dapat menjalani serangkaian proses pemesanan tiket dengan lancar. Sebagaimana yang telah disampaikan, dalam memesan karcis kereta api, khususnya via online, Anda harus bersaing dengan ribuan calon konsumen lainnya. Terlebih, ada data-data penumpang yang harus dilengkapi.
Jika koneksi internet tidak stabil, tiba-tiba melambat atau putus, Anda bisa saja gagal mendapatkan tiket tersebut. Padahal sudah memasuki tahapan validasi data atau hendak melakukan pembayaran, misalnya. Dan akhirnya, tiket berpotensi jatuh di tangan penumpang lain.

Cara memesan tiket Kereta Api

Cara Memesan Karcis Kereta Api Secara Online

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk memesan tiket KA via online:
  1. Carilah rute perjalanan pada opsi yang telah disediakan. Misal, dari Madiun ke Jakarta atau sebaliknya.
  2. Tentukan tanggal keberangkatan dan kepulangan.
  3. Tulis jumlah penumpang beserta kategorinya (dewasa/anak-anak).
  4. Kemudian, website akan menampilkan daftar karcis yang belum dibooking, berdasarkan jam keberangkatan dan sampai di stasiun tujuan, lama perjalanan, tarif serta kelas kereta api. Pesan yang paling Anda inginkan.
  5. Berikutnya, lengkapi informasi, seperti nama lengkap, nomor identitas (KTP, SIM atau Paspor), nomor telepon, alamat email dan sebagainya.
  6. Bila situs tersebut menyediakan opsi untuk memilih kursi penumpang, silakan ambil tempat duduk yang menurut Anda bisa membuat nyaman.
  7. Lalu, pilih metode pembayaran, via ATM, transfer bank, kartu kredit atau minimarket yang melayani transaksi itu.
  8. Setelah melunasinya, tunggu sms atau email dari perusahaan terkait yang berisi promo tiket kereta api untuk ditukarkan ke stasiun.
Mengingat Lebaran semakin dekat, Anda yang merayakan tentu mulai mempersiapkan rencana mudik, termasuk membeli karcis KA. Supaya lebih efektif, terapkan tips memesan tiket kereta api di atas.

10 comments:

  1. Memang harus dari skrng beli tiket KA...jangan sampai kehabisan dan gagal deh berkumpul dihari raya nanti jika itu terjadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai kejadian tahun kemarin terulang lg. gagal mudik gara2 kehabisan tiket, hehehehheee

      Delete
  2. Wah kecanggihan dunia digital ya apa-apa serba mudah. Jadi gampang beli tiket kereta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoo ooh, mudah dan praktis. bisa dilakukan dimana saja asal koneksi internet nya gak lelet

      Delete
  3. Suka deh kalau ada article yang bermanfaat gini, tau aja aku mau mudik pas lebaran. Jadi bisa beli sekarang, tinggal print kemudian. Thank you ya infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 kakak. Selamat bermudik ria yaa, hati2 dijalan. gak minta oleh2 koq cuma pengertiannya ajaa, hhiihihihi

      Delete
  4. Enaknya jaman sekarang, bisa beli tiket kerta online gk perlu capek2 antri ke loket lagi senangnya, keren nih Traveloka aq jg mau apa2 beli tiket biasa sering pakek Traveloka nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak, dengan adanya aplikasi traveloka memudahkan kita untuk melakukan pembelian tiket dan yang lainnya

      Delete

TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG