Menikmati Keseruan Liburan Musim Panas Di Angsana Bintan

by - August 09, 2019

Angsana Bintan

Kepulauan Riau khususnya Kabupaten Bintan memang terkenal dengan pantainya yang berpasir putih dan indah. Salah satunya adalah kawasan wisata bertaraf international yang berada di Lagoi, Bintan, Indonesia. Indonesia yang beriklim tropis sangat cocok dijadikan tempat liburan musim panas bagi wisatawan mancanegara dan juga wisatawan lokal karena banyak berdiri resort-resort mewah nan megah yang berada di sepanjang tepi pantai. Dari sekian banyak resort yang ada di kawasan wisata Lagoi, Angsana Bintan menjadi salah satu resort mewah yang menyajikan berbagai aktivitas yang seruuu dan penuh dengan tantangan. Kebetulan minggu lalu aku dan teman-teman sedang liburan kesana dan mencoba beberapa aktivitas yang ada disana.

Towel

Welcome Drink
Sabtu menjelang siang aku berangkat ke kawasan wisata Lagoi, Bintan dengan menggunakan motor. Melewati jalan lintas barat, aku memacu motor ku sedikit lebih kencang agar bisa segera sampai di tempat tujuan. Sekitar 1 jam perjalanan, aku pun sampai di Angsana Bintan. Setelah memarkirkan motor, aku dan teman-teman bergegas menuju lobby untuk check in. Sampai di lobby kami disambut oleh mba-mba dan mas-mas dengan senyum dan sapa yang ramah sambil membawakan kami handuk kecil dingin dan segelas welcome drink. Cuaca siang itu memang sangat terik dan rasanya sangat pas disambut dengan handuk kecil dingin dan minuman. Minumannya juga sangat menyegarkan tenggorokan. Terbuat dari campuran jahe, serai dan madu yang di fermentasi semalaman.

Prawn Nestum & Angsana Punch
Lunch
Setelah sejenak melepas lelah dan dahaga, kami pun melakukan proses check in dengan menunjukkan kartu tanda pengenal kami masing-masing. Kemudian kami diberikan kunci kamar dan dipersilahkan makan siang karena memang sudah waktunya untuk makan siang. Siang itu kami makan di Lotus Cafe. Ada banyak menu makanan dan minuman yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Aku memilih makan Prawn Nestum. Prawn Nestum terdiri dari udang galah, cabai, bubuk nestum, daun kari dan nasi melati tim. Karena aku sedang tidak makan nasi, nasinya diganti dengan kentang goreng. Rasanya enak banget, udangnya lembut dan kulitnya sudah dikupas jadi kita gak perlu repot-repot mengupas kulitnya. Untuk minumannya aku memilih Angsana Punch. Minuman ini mixed dari beberapa buah-buahan tropis dicampur dengan sedikit soda. Soal rasa jangan ditanya, udah pasti suegerrrr banget.

Room
Toilet

Selesai makan, kami ke kamar masing-masing untuk meletakkan barang bawaan. Kamar kami berada di lantai 3.  Ada beberapa pilihan jenis kamar yang ada di Angsana Bintan, diantaranya :

Island Chill Room
Luas kamar sebesar 33 sqm, kapasitas untuk 2 orang, 2 tempat tidur twin, kamar mandi, wifi, kopi dan teh, balcony untuk bersantai dengan pemandangan taman dan laut.

Sea Breeze Room - Queen
Luas kamar sebesar 33 sqm, kapasitas untuk 2 orang, 1 tempat tidur queen, kamar mandi, wifi, kopi dan teh, balcony untuk bersantai dengan pemandangan kolam renang dan laut.

Sea Breeze Room - Twin
Luas kamar sebesar 41 sqm, kapasitas untuk 2 orang, 2 tempat tidur twin, kamar mandi, wifi, kopi dan teh, balcony untuk bersantai dengan pemandangan kolam renang dan laut.

Island Suite
Luas kamar sebesar 76 sqm, kapasitas untuk 2 orang, 1 tempat tidur queen, kamar mandi yang dilengkapi dengan bathup, ruang tamu, ruang makan, pantry yang dilengkapi dengan kopi, teh dan cemilan, wifi, balcony untuk bersantai dengan kolam renang dan laut.

Island Family Suite
Luas kamar sebesar 275 sqm, kapasitas untuk 4 orang, 1 tempat tidur queen dan 1 twin single , kamar mandi di luar ruangan dan kolam, wifi, kopi dan teh, balcony untuk bersantai dengan pemandangan taman dan laut.

Angsana Bintan

Kebetulan kami mengambil tipe kamar Island Suite, kamarnya nyaman banget dengan warna-warna tropis. Tempat tidurnya juga dihiasi berbagai bunga yang sangat indah. Dan yang paling bikin happy, ada balcony untuk bersantai yang menghadap ke kolam renang dan laut, bener-bener menyejukkan mata. Setelah melihat-lihat ruangan kamar dan meletakkan barang bawaan, aku segera berganti pakaian karena teman-teman yang lain sudah menunggu di lobby. Di lobby kami diberikan informasi tentang aktivitas yang bisa kita lakukan selama berada di Angsana Bintan, diantaranya :

- Kids Club
Anak-anak bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan di Kids Club.

Join a Ranger Trail
Mengikuti Ranger Trail melintasi hutan tropis dan menemukan flora dan fauna yang unik di sekitaran hutan.

Watersports
Melakukan aktivitas di laut, melihat karang dan melawan ombak.

ATV Jungle Safari
Menaiki ATV melintasi hutan, perkampungan dan lingkungan yang masih asli.

Traditional Fishing
Memancing ditengah laut dengan menaiki perahu nelayan.

Fireflies Tour
Menikmati tour kunang-kunang yang menakjubkan menerangi langit malam dengan menggunakan perahu.

Mangrove Discovery Tour
Berlayar disepanjang sungai Sebung dan jelajahi hutan bakau Bintan. Temukan satwa liar yang menakjubkan di pulau seperti ular bakau dan biawak.

Play Volleyball
Nikmati sore yang asyik di tepi pantai saat bermain volley pantai.

Forest Survival Games
Belajar bertahan hidup di hutan. Akan ada pemandu yang mendampingi.

Destination Dining
Menikmati makan malam dibawah langit berbintang dan makanan yang lezat.

Jetski
Paddleboard

Dari beberapa pilihan aktivitas yang ada di Angsana Bintan, kami memilih aktivitas watersport. Kami akan bermain jetski, paddleboard dan kayak. Sebelum bermain jetski, kami diberikan briefing mengenai tata cara mengendarai jetski. Ini merupakan pengalaman pertama ku mengendarai jetski yang biasanya hanya duduk dibelakang sebagai penumpang. Awalnya takut untuk ngegass tapi lama kelamaan koq jadi asyiiik banget. Apalagi kalo pas ada ombak gede, aku harus berani menerobos ombak meskipun badan seperti melayang-layang. Sekitar 15 menit aku secara bergantian sama teman mengendarai jetski.

Angsana Bintan
Setelah bermain jetski, aku mencoba bermain paddleboard sementara teman-teman yang lain bermain kayak. Permainan ini menggunakan papan seluncur dan dayung. Ini juga pengalaman pertama ku naik paddleboard. Aku disuruh duduk diatas papan seluncur, kemudian satu persatu kaki secara perlahan dinaikkan ke atas papan seluncur. Kemudian menegakkan badan dengan posisi seperti sedang berlutut. Setelah itu mendayung papan seluncur mengitari sekitaran pantai. Bila ingin yang lebih extream lagi, cobalah perlahan-lahan berdiri diatas papan seluncur. Harus bisa menyeimbangkan badan agar tidak jatuh. Beberapa kali mencoba dan selalu gagal alias jatuh, akhirnya untuk percobaan yang ke sekian kalinya aku berhasil berdiri diatas papan seluncur meskipun hanya beberapa detik.

Puas melakukan aktivitas di laut, kami kembali ke kamar masing-masing karena sudah hampir masuk waktu sholat Maghrib. Sampai di kamar langsung mandi, sholat dan istirahat sebentar sambil menunggu teman-teman yang lain bersiap untuk makan malam. Seharusnya makan malam diadakan di Lotus Cafe. Tapi berhubung kemarin malam minggu dan Lotus Cafe pun ditutup jadi kami dipersilahkan untuk makan malam di Xana Beach Club yang terletak tepat di tepi pantai.

Xana Beach Club

Dinner

Begitu sampai di Xana Beach Club, aku terbius oleh suasana yang begitu syahdu. Meja dan kursi di tata sedemikian rupa dan disetiap meja diletakkan lilin agar menambah kesan romantis. Makan malam ditepi pantai, dibawah langit berbintang dan suara deburan ombak membuat ku berkhayal dan berharap suatu saat nanti bisa makan malam disini bersama 'Someone Special'. Suasana sudah mulai ramai oleh para tamu yang ingin makan malam. Menu yang disajikan berupa International Buffet BBQ. Ada berbagai grilled, salad, sayuran, buah-buahan tropis, aneka dessert, aneka minuman segar dan kids corner khusus untuk anak-anak.

Malam semakin larut, keasyikan ngobrol dan bercanda membuat kami lupa waktu. Jam sudah menunjukkan pukul 10 malam dan restoran pun sudah hampir tutup. Kami bergegas kembali ke kamar untuk beristirahat karena seharian kami sudah beraktivitas dan badan pun sudah mulai terasa lelahnya. Sampai dikamar aku langsung istirahat karena besok pagi kami sudah janjian akan mengikuti sunrise yoga yang dilaksanakan pada jam 5.30 pagi di Santai Deck.

Sunrise Yoga

Tepat jam 5 pagi alarm ku berbunyi. Aku memang sengaja pasang alarm supaya bisa bangun pagi karena takut melewatkan sholat subuh dan sunrise yoga. Bangun tidur segera bergegas sholat subuh dan siap-siap untuk mengikuti sunrise yoga. Tiba di Santai Deck ternyata sunrise yoga sudah dimulai. Aku pun segera mengambil matras dan ikut bergabung dengan tamu lain yang sudah ikut lebih dulu. Aku sangat antusias mengikuti yoga karena memang sudah lama banget gak pernah ikut yoga dan yang pasti karena instructure nya berasal dari India. Apalagi lokasi Santai Deck berada di tepi pantai dengan pemandangan sunrise yang menawan.

Breakfast
 Selesai yoga, aku dan teman-teman beristirahat sebentar di Santai Deck sambil menikmati sunrise dan berfoto. Setelah puas menikmati sunrise, kami menuju ke Lotus Cafe untuk sarapan pagi. Lagi-lagi kami dihadapkan oleh aneka makanan dan minuman yang sangat menggugah selera. Banyak sekali pilihan menunya membuat aku bingung untuk memilih dan rasanya pengen dicicipi semua. Tapi yaa tetap aja perut harus diisi sesuai kapasitas. Para karyawan melayani kami dengan sangat baik dan ramah.

Setelah sarapan dan ngobrol-ngobrol sebentar kami sepakat untuk renang di kolam renang. Kami pun bergegas menuju kolam yang sudah ada beberapa tamu yang sedang berenang disana bersama keluarga mereka. Lagi asyik berenang tiba-tiba ada yang menawarkan untuk joint Aqua Aerobic. What??? Aerobic di dalam kolam renang? Yang pasti ini belum pernah aku lakukan selama ini. Kami penasaran dan setuju untuk ikutan Aqua Aerobic. Begitu dimulai masih biasa aja. Untuk gerakan tangan aku masih bisa mengikuti karena gampang. Tapi pas gerakan kaki, agak berat untuk diangkat karena kaki berada di dalam kolam renang. Seruuuuuu siiih ikutin gerakan dari instructure nya. Sayangnya kami tidak bisa lama ikutan karena kami harus bersiap-siap untuk check out. Kami pun balik ke kamar, mandi dan bersiap untuk check out.

2 hari terasa cepet banget berada di Angsana Bintan karena memang selama berada disana, kami melakukan berbagai aktivitas yang seruu dan menyenangkan. Rasanya gak pengen mengakhiri liburan kali ini. Beberapa alasan yang membuat ku betah liburan dan berlama-lama disini, diantaranya :
  • Tempatnya mudah dijangkau. Dari Tanjungpinang menuju Lagoi menggunakan kendaraan mobil atau motor. Dari Batam menuju Tanjung Uban dengan menggunakan speedboat atau kapal roro. Dari Singapore menuju pelabuhan Bandar Bintan Telani menggunakan kapal ferry;
  • Suasana di sekitar resort masih sangat asri dan damai karena masih banyak ditumbuhi pepohonan yang rindang dan jauh dari hiruk pikuk kebisingan;
  • Kebersihannya selalu terjaga, tidak ada sampah yang berserakan. Termasuk disekitaran pantainya juga bersih bebas sampah;
  • Para karyawannya sangat baik dan ramah. Sebagai tamu, aku dilayani dengan sangat baik. Setiap bertemu, mereka selalu menyapa dengan ramah. Mereka selalu memberikan pelayanan dan senyuman yang terbaik untuk kami para tamu;
  • Kamarnya luas, lengkap dan nyaman. Ada balcony yang cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan taman, kolam renang dan laut;
  • Aktivitas yang ada juga sangat beragam. Mulai dari aktivitas untuk anak-anak, olahraga dan berbagai aktivitas yang penuh dengan tantangan dan petualangan;
  • Bisa menikmati semua fasilitas yang ada di Angsana Bintan;
  • Makanan dan minuman juga banyak pilihannya. Mulai dari makanan traditional Indonesia sampai makanan western semua ada disini. Ditambah lagi minuman yang segar hasil olahan dari berbagai buah-buahan tropis. Kalau soal rasa tak perlu diragukan lagi karena semua makanan dan minuman dibuat oleh chef-chef handal yang berpengalaman.

Yuuuuk, yang masih punya jatah cuti mending dipake buat liburan. Dan jangan lupa kalau mau liburan kesini aja niih Angsana Bintan. Aku pastikan liburan kalian bakalan seru, berkesan dan menyenangkan. Ciiiaaaoooo,,,,,