Langsung ke konten utama

Kemeriahan Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2017

Foto : M. Razib

Dragon Boat Race merupakan salah satu event pariwisata tetap yang ada di Kota Tanjungpinang dan termasuk dalam event pariwisata unggulan Provinsi Kepulauan Riau. Dimana pada tahun 2017 ini merupakan event yang ke-16 sejak terbentuknya Kota Otonom Tanjungpinang dan yang ke-11 memperebutkan piala bergilir Gubernur Provinsi Kepulauan Riau. Dragon Boat Race Tanjungpinang adalah sebuah kegiatan olahraga bernuansa budaya diangkat dari sebuah tradisi masyarakat Tionghoa yang ada di Tanjungpinang bernama "SEMBAHYANG KESELAMATAN LAUT".

Foto : M. Razib

Pelaksanaan Dragon Boat Race Tanjungpinang awalnya dilaksanakan di perairan Kota Tanjungpinang. Namun sejak tahun 2013 pelaksanaannya dipindahkan ke perairan Sungai Carang (Jembatan I) dikarenakan adanya standarisasi untuk pelaksanaan olahraga Dragon Boat Race Tanjungpinang. Tahun ini pelaksanaan Dragon Boat Race Tanjungpinang telah dilaksanakan pada tanggal 20 - 22 Oktober 2017. 
Foto : M. Razib

Perlombaan yang diadakan diantaranya lomba Dragon Boat Race, lomba kayak single Putra dan Putri, lomba pameran pokdarwis dan lomba yel-yel tingkat SLTP yang di sponsori oleh BTN. Selain itu juga ada stand bazar dari ibu-ibu PKK se-Kota Tanjungpinang, doorprize dari Kementerian Pariwisata, doorprize berupa tiket Tanjungpinang-Padang dari Xpress  Air dan doorprize berupa tiket Tanjungpinang-Jakarta dari Sriwijaya Air.   
Foto : M. Razib

Untuk lomba Dragon Boat Race yang diikuti sekitar 45 tim akan memperebutkan piala bergilir Gubernur Provinsi Kepulauan Riau dan total hadiah sebesar Rp. 150.000.000,-. Untuk lomba kayak total hadiah sebesar Rp. 15.000.000,- dan lomba pameran pokdarwis dengan total hadiah sebesar Rp. 4.000.000,-.
Foto : M. Razib

Pembukaan Dragon Boat Race Tanjungpinang ditandai dengan pemukulan tambur dan pelepasan balon oleh Deputi Kemenpar, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Walikota Kota Tanjungpinang, FKPD, DPRD, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang dan Tamu Undangan VIP lainnya. 
Foto : M. Razib

Berikut daftar pemenang Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2017:

I.  Lomba Dragon Boat Race 
     1. Juara I : Tim Koarmabar, Jakarta (02:39:98)
     2. Juara II : Tim Kabupaten Siak, Riau (02:40:35)
     3. Juara III : Tim PODSI Sarolangun Jambi, Jambi (02:40:67)
     4. Juara IV : Tim Batang Hari Jambi, Jambi (02:48:79)
     5. Harapan I : Tim PODSI Jambi, Jambi (02:50:04)
     6. Harapan II : Tim Hiu Perkasa Marinir TPI, Tanjungpinang (02:52:91)
     7. Harapan III : Tim Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang (02:53:09)
     8. Harapan IV : Tim Yon Marhanlan I Belawan, Sumatera Utara (02:55:90)

II. Lomba Kayak Single Putra
     1. Juara I : M. Romi P., Jambi (02:08:97)
     2. Juara II : Zuhnan, Jambi (02:10:84)
     3. Juara III : R. Novaniza, Jambi (02:12:25)

III. Lomba Kayak Single Putri
      1. Juara I : Puja Sri Ayu, Sumatera Selatan (02:30:90)
      2. Juara II : Ita Anggraini, Sumatera Utara (02:39:18)
      3. Juara III : Rani, Sumatera Selatan (02:55:76)

IV. Lomba Pameran Pokdarwis
      1. Juara I : Kelurahan Penyengat, Tanjungpinang (188)
      2. Juara II : Kelurahan Kampung Bugis, Tanjungpinang (185)
      3. Juara III : Kelurahan Kampung Bulang, Tanjungpinang (177)
      4. Harapan I : Kelurahan Tanjungpinang Kota, Tanjungpinang (169)
      5. Harapan II : Kelurahan Tanjungpinang Barat, Tanjungpinang (165)

V. Lomba Yel-yel tingkat SLTP (Sponsor Bank BTN)
    - Jum'at, 20 Oktober 2017
      1. Juara I : SMPN 3
      2. Juara II : SMPN 2
      3. Juara III : SMPN 5

    - Sabtu, 21 Oktober 2017
       1. Juara I : SMPN 10
       2. Juara II : SMPN 7
       3. Juara III : SMPN 8

     - Minggu, 22 Oktober 2017
       1. Juara I : SMPN 15
       2. Juara II : SMPN 12
       3. Juara III : SMPN 16
Foto : M. Razib

Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2017 ditutup oleh Sekda Provinsi Kepulauan Riau dan sekaligus penyerahan hadiah kepada para pemenang oleh Walikota Tanjungpinang, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan beberapa pihak sponsor. Semoga untuk tahun depan Tanjungpinang International Dragon Boat Race bisa menambah jenis perlombaan, sponsor dan hadiah yang menarik.
Foto : M. Razib


Komentar

  1. Foto yang menang magic com tak masuk dalam kemerihaan DBR ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaaa, janganlah ntar jd hitz pulaaa

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Menulis

Ketika saya sedang membuka beranda, saya membaca status teman saya di Facebook bahwa beliau akan membuka kelas blogger untuk pemula. Saya yang sudah punya blog tetapi masih belum tau begitu banyak tentang dunia per blogger an sangat tertarik untuk mengikuti kelas tersebut. Kemudian saya menghubungi beliau dan saya di invite ke WhatsApp group Kelas Blogger TPI yang dibuat beliau. Ruziana adalah salah satu blogger di Tanjungpinang yang sudah lama malang melintang di dunia blogger dan sudah sangat terkenal. Tulisannya sudah banyak dan saat ini sudah dimuat di majalah Garuda Indonesia - Colours Magazine bulan September ini. Melalui website www.unizara.com, beliau sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Itu salah satu alasan saya tertarik masuk ke dunia blogger karena dengan menulis kita bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

Tanjungpinang - Natuna Hanya 70 Menit

Kabar gembira buat warga Tanjungpinang dan Natuna karena pada hari Kamis tanggal 5 Oktober 2017 kemarin Xpress Air telah membuka rute penerbangan baru dari Tanjungpinang ke Natuna (PP). Sebelumnya Xpress Air telah membuka rute penerbangan dari Tanjungpinang ke Pekanbaru, Padang dan Matak (Anambas). Kebetulan saya, teman saya dan beberapa undangan mendapatkan kesempatan untuk ikut penerbangan perdana rute Tanjungpinang - Natuna. Senang rasanya karena ini merupakan pengalaman saya yang pertama ikut dalam penerbangan perdana sebuah maskapai penerbangan.