Langsung ke konten utama

Tanjungpinang - Natuna Hanya 70 Menit

jadwal penerbangan tanjungpinang natuna
Pesawat Xpress Air tujuan Natuna
Kabar gembira buat warga Tanjungpinang dan Natuna karena pada hari Kamis tanggal 5 Oktober 2017 kemarin Xpress Air telah membuka rute penerbangan baru dari Tanjungpinang ke Natuna (PP). Sebelumnya Xpress Air telah membuka rute penerbangan dari Tanjungpinang ke Pekanbaru, Padang dan Matak (Anambas). Kebetulan saya, teman saya dan beberapa undangan mendapatkan kesempatan untuk ikut penerbangan perdana rute Tanjungpinang - Natuna. Senang rasanya karena ini merupakan pengalaman saya yang pertama ikut dalam penerbangan perdana sebuah maskapai penerbangan.
jadwal penerbangan tanjungpinang natuna
Suasana didalam pesawat
Siang itu pukul 09.45 WIB saya sudah berada di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang. Menurut jadwal, penerbangan pukul 10.30 WIB. Sampai di bandara saya langsung menemui teman saya yang bekerja sebagai sales di Xpress Air Wiwit Hayati dan ternyata tiket saya sudah di check in kan. Teman saya yang juga ikut penerbangan perdana ini masih belum sampai di bandara. Karena sudah ada pemberitahuan bahwa penumpang Xpress Air tujuan Natuna diminta segera menuju ke ruang tunggu maka saya pun bergegas ke ruang tunggu di lantai atas. Tak lama saya berada di ruang tunggu, teman saya pun datang.
jadwal penerbangan tanjungpinang natuna
Free snack
Tak lama terdengar kembali suara pemberitahuan bahwa seluruh penumpang Xpress Air tujuan Natuna untuk segera naik ke pesawat. Kami segera naik ke pesawat dan duduk sesuai nomor seat yang ada di boarding. Setelah semua penumpang duduk, pesawat pun take off alias tinggal landas. Penumpang saat itu penuh yang terdiri dari beberapa undangan dari Xpress Air termasuk saya dan penumpang komersil yang akan ke Ranai (Natuna).
jadwal penerbangan tanjungpinang natuna
Pemangku adat dan pejabat daerah setempat
Setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam lebih 10 menit akhirnya kami sampai di Bandar Udara Ranai Natuna. Pesawat yang dipiloti oleh Sabana ini mendarat dengan sempurna di landasan bandara. Kemudian para penumpang dipersilahkan untuk keluar pesawat. Disana kami disambut oleh beberapa pejabat daerah dan pemangku adat. 
jadwal penerbangan tanjungpinang natuna
Pemakaian tanjak
Langit biru yang cerah menyambut kedatangan Direktur Commercial Xpress Air, Pilot, Co Pilot dan Pramugari yang diawali dengan pemakaian tanjak oleh pejabat daerah. Kemudian dilakukan seremonial berupa tepung tawar dan pembacaan doa oleh pemangku adat setempat.
harga tiket pesawat tanjungpinang natuna
Tepung tawar
Setelah itu kami ke ruang VIP untuk melakukan seremonial selanjutnya berupa kata sambutan dari Bapak Swandono Poernomo selaku Direktur Commercial Xpress Air dan penyerahan cinderamata miniatur pesawat Xpress Air kepada pejabat daerah setempat.
harga tiket pesawat tanjungpinang natuna
Foto bersama diruang VIP
Xpress Air menggunakan pesawat dengan tipe Dornier 328-100 berkapasitas 32 penumpang dengan durasi penerbangan selama 80 menit dari Tanjungpinang langsung sampai ke Ranai (Natuna). Pesawat dengan jenis baling-baling ini dijadwalkan akan terbang setiap hari Selasa dan Kamis. Dari Tanjungpinang terbang pukul 10.30 WIB dan dari Natuna terbang pukul 12.15 WIB. Dengan fasilitas free bagasi 10 kg dan free snack. Untuk harga tiket mulai dari 899 ribu, bisa langsung menghubungi ke nomor 082346371369 atau ke www.xpressair.co.id atau travel agen terdekat anda.
Bandar Udara Ranai Natuna
Karena saya hanya punya waktu sekitar 30 menit di bandara, saya hanya bisa berjalan disekitar area bandara dan tak lupa untuk berfoto dengan latar gunung Ranai. Seandainya bisa punya waktu lebih ingin rasanya ke pantai Alif Stone yang sudah sangat terkenal. Tapi apalah daya, ke Natuna kali ini hanya bisa menyapa Gunung Ranai yang megah.
harga tiket pesawat tanjungpinang natuna
Gunung Ranai
Tiba saatnya untuk boarding dan kembali pulang ke Tanjungpinang. Rasanya masih ingin lebih lama disana. Hari ini untuk yang pertama kalinya saya naik pesawat dengan jenis baling-baling. Awalnya saya sempat khawatir tapi ternyata perjalanan saya kali ini sangat menyenangkan. Pramugari nya juga ramah dan sabar. Terimakasih Xpress Air yang telah mengundang saya untuk ikut menjadi bagian dari penerbangan perdana Tanjungpinang - Natuna. Semoga Xpress Air menjadi lebih baik lagi dan bisa membuka rute-rute baru untuk pulau-pulau kecil lainnya yang ada di Kepulauan Riau.
harga tiket pesawat tanjungpinang natuna
Tiba kembali di Tanjungpinang

Komentar

  1. meski sebentar yg penting berkesan..
    moga nti bisa ke sana lagi dan jelong jelong ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa uni, aamiin. semoga kita bs ngtrip bareng kesana ^,^

      Hapus
  2. Wahh nanti mau jalan2 sm bu dewan..😂

    BalasHapus
  3. Wah mantap ya, next kita kesana jalan jalan yess

    BalasHapus
  4. wow, cepet banget ya, enak bgt main kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyyaaa kakak, cuuusss main kesana, heheheheee

      Hapus
  5. Wah menarik nih .. Jarak tempuhnya juga ga lama dibandingkan naik kapal laut ya Mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, kl naik kapal bisa seharian

      Hapus
  6. Wow, express air ini temasuk pesawat kecil ya. Kursinya 2-1 dan kapasitasnya 32 penumpang. Asik banget dapat free snack dan free bagasi maksimal 10 kg. Mau ah ke Natuna bareng keluarga pas liburan hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mba, jenis pesawatnya ATR. Sy br pertama x naik pesawat jenis ini. Awalnya agak khawatir tp ternyata sm aj kyk pesawat biasa. Ayooo mba kita liburan bareng ke natuna

      Hapus
  7. Semoga dengan adanya rute penerbangan Tanjung Pinang - Natuna ini bisa terus memajukan pariwisata Indonesia ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaaiii mba Dian Safitri. Aamiin mba, semoga bisa memajukan segala sektor di Natuna mba.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Menulis

Ketika saya sedang membuka beranda, saya membaca status teman saya di Facebook bahwa beliau akan membuka kelas blogger untuk pemula. Saya yang sudah punya blog tetapi masih belum tau begitu banyak tentang dunia per blogger an sangat tertarik untuk mengikuti kelas tersebut. Kemudian saya menghubungi beliau dan saya di invite ke WhatsApp group Kelas Blogger TPI yang dibuat beliau. Ruziana adalah salah satu blogger di Tanjungpinang yang sudah lama malang melintang di dunia blogger dan sudah sangat terkenal. Tulisannya sudah banyak dan saat ini sudah dimuat di majalah Garuda Indonesia - Colours Magazine bulan September ini. Melalui website www.unizara.com, beliau sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Itu salah satu alasan saya tertarik masuk ke dunia blogger karena dengan menulis kita bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

Kemeriahan Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2017

Dragon Boat Race merupakan salah satu event pariwisata tetap yang ada di Kota Tanjungpinang dan termasuk dalam event pariwisata unggulan Provinsi Kepulauan Riau. Dimana pada tahun 2017 ini merupakan event yang ke-16 sejak terbentuknya Kota Otonom Tanjungpinang dan yang ke-11 memperebutkan piala bergilir Gubernur Provinsi Kepulauan Riau. Dragon Boat Race Tanjungpinang adalah sebuah kegiatan olahraga bernuansa budaya diangkat dari sebuah tradisi masyarakat Tionghoa yang ada di Tanjungpinang bernama "SEMBAHYANG KESELAMATAN LAUT".