Langsung ke konten utama

Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Menulis

Kelas Blogger TPI
Ketika saya sedang membuka beranda, saya membaca status teman saya di Facebook bahwa beliau akan membuka kelas blogger untuk pemula. Saya yang sudah punya blog tetapi masih belum tau begitu banyak tentang dunia per blogger an sangat tertarik untuk mengikuti kelas tersebut. Kemudian saya menghubungi beliau dan saya di invite ke WhatsApp group Kelas Blogger TPI yang dibuat beliau. Ruziana adalah salah satu blogger di Tanjungpinang yang sudah lama malang melintang di dunia blogger dan sudah sangat terkenal. Tulisannya sudah banyak dan saat ini sudah dimuat di majalah Garuda Indonesia - Colours Magazine bulan September ini. Melalui website www.unizara.com, beliau sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Itu salah satu alasan saya tertarik masuk ke dunia blogger karena dengan menulis kita bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

Persiapan Kelas Blogger TPI
Uni Ina, begitu sapaan saya buat beliau mengumumkan di WhatsApp group bahwa Kelas Blogger TPI untuk pemula akan diadakan pada hari Minggu tanggal 24 September 2017 jam 1 siang di ruang Hang Kesturi Comfort Hotel dan Resort. Beliau memberikan beberapa syarat bagi yang ingin mengikuti Kelas Blogger TPI ini, yaitu :
1. Membawa laptop biar bisa langsung praktek sendiri;
2. Tidak membawa anak karena dikhawatirkan akan mengganggu kelas;
3. Bersedia urunan jika ada biaya yang ditimbulkan, misalkan untuk kebersihan;
4. Membawa bekal masing-masing.
Selain syarat-syarat yang diatas, beliau juga mewajibkan para peserta sudah memiliki google mail alias gmail untuk memudahkan membuat blog dan tulisan yang bertemakan apa saja yang dibuat di MS. Word supaya nanti gak bingung dan perlu mikir lagi mau nulis apa.

Ruang Hang Kesturi
Minggu hampir jam 1 siang tapi intan payung alias anak saya masih belum tidur juga. Saya menghubungi uni Ina untuk mengabarkan kalau saya datang terlambat karna harus menidurkan anak terlebih dahulu. Sekitar jam 1.30 anak saya pun tertidur dan saya segara bergegas ke Comfort Hotel dan Resort. Tiba di ruangan Hang Kesturi ternyata baru ada beberapa teman yang hadir dan kelas belum dimulai. Saya pun masuk ke ruangan dan duduk di kursi yang telah disediakan. Beberapa teman-teman yang ikut kelas sudah membuka laptop dan bersiap-siap untuk memulai kelas.
Ruang Kelas
Sekitar jam 1.40 kelas pun dimulai. Uni Ina selaku menthor membuka kelas dengan memperkenalkan diri dan kami semua para peserta juga mengenalkan diri masing-masing. Para peserta berjumlah 9 orang yang terdiri dari berbagai profesi. Setelah perkenalan, uni Ina mulai mengajarkan bagaimana caranya membuat blog baru dan mempercantik tampilan blog supaya orang bisa tertarik untuk membacanya. Selain itu beliau juga memberitahukan grup-grup job blogger yang ada di Facebook agar blog yang kita buat bisa menghasilkan uang. Uni Ina dengan sabar menghadapi kami para peserta yang sama sekali belum paham. Berbagai pertanyaan pun kami lemparkan ke beliau dan beliau dengan senang hati menjawabnya. Suasana belajar pun terasa santai dan kami para peserta sudah terlihat akrab padahal baru beberapa jam bertemu dan berkenalan.
Suasana belajar di Kelas Blogger TPI
Penyelenggaraan kelas blogger TPI ini tanpa dipungut biaya apapun. Itu berkat kerjasama antara uni Ina dan manajemen Comfort Hotel dan Resort. Fasilitas yang kami dapatkan disini adalah ruangan yang bersih dan ber AC, infocus, meja, kursi, screen dan microphone. Selain ruangan untuk meeting, Comfort Hotel dan resort ini juga memiliki fasilitas kamar, kolam renang dan restoran. Kami sebagai peserta merasa sangat nyaman belajar di ruangan ini. Bagi yang ingin mengetahui alamat dan apa saja yang ada disini bisa langsung ke www.comfortbintan.com

Foto bersama para peserta
Tak terasa jam sudah menujukkan pukul 5 sore. Rasanya masih belum puas kami belajar tentang blogger dan masih banyak lagi ilmu-ilmu yang belum diturunkan uni Ina. Tapi apa boleh buat waktu jualah yang memisahkan kami. Terimakasih kami ucapkan kepada uni Ina yang telah sudi meluangkan waktu disela kesibukannya dan memberikan sedikit ilmunya untuk kami secara gratis alias tanpa bayaran. Terimakasih juga kepada pihak Comfort Hotel dan Resort yang telah memberikan fasilitas ruang meeting yang nyaman dan juga gratis. Terakhir sebelum kami semua kembali ke rumah masing-masing kami menyempatkan untuk foto bersama. Uni Ina juga janji akan ada kelas-kelas blogger selanjutnya. Dan beliau berpesan bahwa kita harus terus belajar dan jangan berhenti menulis. Walaupun tulisan masih kurang bagus, tetap harus dilatih agar menjadi bagus. Jangan sungkan me review apapun sebagai bahan tulisan walaupun tidak dibayar. Dengan kita rajin menulis dan me review maka rezeki dengan sendirinya akan datang. Semangat menulis buat teman-teman blogger yang masih niubi.



Komentar

  1. Hi Eka..
    Makasih ya udah nulis
    Tulisannya kece
    Ntar klu ada waktu kita sharing lagi ya tuk memantapkan
    Semangat ya

    BalasHapus
  2. Asyik ya bisa nambah ilmu.
    Betul, resep pandai menulis adalah terus menulis :)

    BalasHapus
  3. Tulisannya bagus bu dewan..smangat yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaii kak fitri, makasi yaa. Sama2 semangat kitah.

      Hapus

  4. Akhirnya bisa komentar jug dari tadi gagal maning 😂😂 maaf ya bu dri td test2 trs n bru bisa..dan kita menunggu ilmu berikutnya dari kak anna lagi nih 😉 colek kak anna.
    From : fames.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaahh emak2 super ni mmg luar biasa semangatnya, hihihiiiiii

      Hapus
  5. asikkk ni sudah mulai menunjukan taring dari blog. mantap mantap Lanjutkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tq boss, mohon bimbingan dan bantuannya yak

      Hapus
  6. salam kenal eka, sy jug emak blogger tanjungpinang :-) semangat ngeblog yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaii mba rahayu, salam kenal jg yaa. Ayoo semangat bareng2

      Hapus
  7. Pengen deh kapan-kapan dateng ke acara macem kelas blogger begini..

    Belum pernah sama sekali soalnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallooo mas diadain dong di kotanya. Pasti byk yg ikut deh

      Hapus
  8. Nambah ilmu, nambah teman dan pastinya nambah penghasilan.... keren....

    BalasHapus
  9. kerem, ada kelas begini di Tanjung Pinang (jempol)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa kakak, alhamdulillah ada yg berbaik hati mau membagikan ilmunya ^.^

      Hapus
  10. Untuk saya, yang terpenting adalah sering latihan nulis.. yaa atau posting tulisan deh. Pasti kita akan terbiasa dengan menulis karena seringnya kita menulis dan otomatis isi tulisan kita jadi bisa lebih menarik juga hehehe..

    mampir ya ke Romantisme Dieng Festival

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaiiii Dongengtravel, bener bgt itu. Jadi bisa karena terbiasa, hihihiiii

      Hapus
  11. Halo, mbak Eka :) Waaah asik banget ya bisa menambah ilmu ngeblog dan memperoleh penghasilan :) AKu juga baru belajar nih ngeblognya hehehee.. suka deh baca ulasan ini. Sukses selalu ya mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo jg mba Nurul Sufitri. Bener bgt mba dgn ngblog kita bs nambah ilmu dan penghasila. Yg lebih penting lg kita bisa nambah temen, hihihiiiii. Makasi yaa mba, sukses jg buat mba

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemeriahan Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2017

Dragon Boat Race merupakan salah satu event pariwisata tetap yang ada di Kota Tanjungpinang dan termasuk dalam event pariwisata unggulan Provinsi Kepulauan Riau. Dimana pada tahun 2017 ini merupakan event yang ke-16 sejak terbentuknya Kota Otonom Tanjungpinang dan yang ke-11 memperebutkan piala bergilir Gubernur Provinsi Kepulauan Riau. Dragon Boat Race Tanjungpinang adalah sebuah kegiatan olahraga bernuansa budaya diangkat dari sebuah tradisi masyarakat Tionghoa yang ada di Tanjungpinang bernama "SEMBAHYANG KESELAMATAN LAUT".

Tanjungpinang - Natuna Hanya 70 Menit

Kabar gembira buat warga Tanjungpinang dan Natuna karena pada hari Kamis tanggal 5 Oktober 2017 kemarin Xpress Air telah membuka rute penerbangan baru dari Tanjungpinang ke Natuna (PP). Sebelumnya Xpress Air telah membuka rute penerbangan dari Tanjungpinang ke Pekanbaru, Padang dan Matak (Anambas). Kebetulan saya, teman saya dan beberapa undangan mendapatkan kesempatan untuk ikut penerbangan perdana rute Tanjungpinang - Natuna. Senang rasanya karena ini merupakan pengalaman saya yang pertama ikut dalam penerbangan perdana sebuah maskapai penerbangan.