Langsung ke konten utama

Astra menjadikan Medan Kota Tertib Lalu Lintas

PT.  Astra International Tbk

Astra International Inc. didirikan pada tahun 1957 di Jakarta yang bergerak dibidang perdagangan umum. Pada tahun 1990 merubah nama menjadi PT. Astra International Tbk dan masih dipergunakan sampai saat ini. Selain perdagangan umum, Astra telah mengembangkan bisnisnya ke segmen usaha lain yaitu otomotif, jasa keuangan,  alat berat dan pertambangan, agribisnis, infrastruktur dan logistik, teknologi informasi dan properti.  Bisnis ini tersebar diseluruh Indonesia yang dikelola lebih dari 200 anak perusahaan dan didukung oleh lebih dari 200.000 karyawan.

Bisnis otomotif Astra merupakan salah satu bisnis yang dikenal dan dipercaya oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transportasi. Astra menawarkan beberapa pilihan produk sesuai kebutuhan konsumen mulai dari sepeda motor Honda hingga mobil dan truk bermerek Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, Peugeot dan UD Trucks.  Astra juga memastikan kemudahan jangkauan bagi konsumen untuk pemeliharaan dan perawatan kendaraan dengan jaringan distribusi dan layanan terluas di Indonesia serta menyediakan variasi jenis suku cadang dan aksesoris otomotif hasil produksi Astra Otoparts.

Diusianya yang ke 60 tahun,  Astra memberikan kesempatan kepada para blogger untuk mengikuti kompetisi dengan tema "Bagaimana Medan Membangun Kota Tertib Lalu Lintas dan Menginspirasi Indonesia".

Kota Medan

Medan sebagai ibukota Provinsi Sumatera Utara merupakan kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya.  Berbatasan dengan Selat Melaka menjadikan Medan sebagai kota perdagangan,  industri dan bisnis.

Dalam menjalankan aktivitas keseharian, masyarakat Medan menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Terdapat beberapa angkutan umum yang bisa dipilih oleh masyarakat Medan diantaranya becak bermotor (becak bensin/becak motor), taksi dan sudako.

Pengemudi becak motor berada disamping becak yang mengambil desain dari sepeda motor gandengan perang Jerman di Perang Dunia II. Sedangkan sudako yang awalnya menggunakan Daihatsu S38 dengan mesin 2 tak kapasitas 500 CC bentuknya mirip modifikasi dari mobil pick up yang dibagian belakangnya diletakkan 2 (dua) buah kursi panjang dan duduk saling berhadapan. Penumpang masuk melalui pintu belakang seperti oplet Mandra yang di sinetron "Si Doel Anak Sekolahan". Karena perkembangan zaman,  sudako ini sudah jarang ditemui di kota Medan.


Sudako

Inspirasi 60 Tahun Astra

Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia, tentunya Medan juga berpenduduk padat. Setiap hari jumlah kendaraan pribadi dan angkutan umum semakin bertambah banyak. Sehingga sering terjadi kepadatan arus lalu lintas. Para pengemudi angkutan umum saling rebutan penumpang untuk mengejar setoran ke pemilik angkutan umum. Tak jarang para pengemudi angkutan umum mengendarai kendaraan secara ugal-ugalan dan melanggar rambu lalu lintas. Sehingga pengemudi angkutan umum yang sering ugal-ugalan lebih terkenal dengan sebutan 'supir Medan'.

Kemacetan dan tidak disiplinnya pengemudi mengendarai kendaraan menambah keruwetan arus lalu lintas dan bisa menimbulkan kecelakaan. "Kecelakaan menjadi penyumbang angka kematian terbesar kelima di Indonesia dan ini sangat mengkhawatirkan" kata Brigjen Polisi Agus Andrianto, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara. Untuk itu diharapkan kepada pengemudi untuk meningkatkan kesadaran dalam mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Sebagai antisipasi terjadinya lonjakan angka kecelakaan, pihak terkait telah melakukan sosialisasi mengenai pentingnya meningkatkan kesadaran dalam mematuhi aturan di jalan raya.

Melalui Inspirasi 60 Tahun Astra, tetap berkomitmen untuk terus menularkan semangat dan memberi manfaat untuk bangsa dan negara. Salah satunya adalah menjadikan Medan sebagai kota yang tertib lalu lintas dan menginspirasi Indonesia. Dan diharapkan bisa diikuti oleh kota-kota lainnya di Indonesia.

Horas!!!


Komentar

  1. Wah lucu ya sudako.. Tampilannya mirip oplet. Aku belum pernah ke Medan, jadi penasaran... Terlebih ama jalan raya-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba . hampir sama seperti angkutan pada umumnya cuma bedanya pada jumlah penumpangnya dan bentuknya hehe

      Hapus
  2. Keren ini semoga astra bisa merapkannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyeeess, makin tertib biar bs ngurangin angka kecelakaan

      Hapus
  3. Horas majua..jua, ASTRA ini banyak banget program sosialnya, sukaaak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Olo, astra kan mmg sudah jd produk andalan berpuluh tahun yg lalu.

      Hapus
  4. Wah, unik ternyata ya kendaraan di Medan.
    Moga Supir Medan berubah konotasinya menjadi positif ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaiii mba farida, iy neeh dmn2 kl ada supir yg ugal2an pst lgs dpt julukan 'supir medan'. Pdhlkan gak semua supir medan seperti itu

      Hapus
  5. Jalannya rapi bangeettt... kalo aja program ini di kota lain juga ada, makin mantep nih Astra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaaa mba Orin, Medan kan dijadikan kota inspirasi utk daerah2 lainnya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tampil Modis Dengan Aksesoris Kekinian

Bagi beberapa perempuan penampilan itu adalah hal yang utama. Saya termasuk perempuan yang sangat memperhatikan penampilan. Bila ingin pergi keluar rumah, saya pasti akan berusaha untuk memadu madankan pakaian yang akan saya kenakan. Mulai dari atasan, bawahan, tas dan juga sepatu semuanya harus senada. Untuk tampilan yang lebih modis lagi biasanya saya selalu menambahkan aksesoris perhiasan seperti cincin, gelang, kalung, anting dan juga bros.  

Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Menulis

Ketika saya sedang membuka beranda, saya membaca status teman saya di Facebook bahwa beliau akan membuka kelas blogger untuk pemula. Saya yang sudah punya blog tetapi masih belum tau begitu banyak tentang dunia per blogger an sangat tertarik untuk mengikuti kelas tersebut. Kemudian saya menghubungi beliau dan saya di invite ke WhatsApp group Kelas Blogger TPI yang dibuat beliau. Ruziana adalah salah satu blogger di Tanjungpinang yang sudah lama malang melintang di dunia blogger dan sudah sangat terkenal. Tulisannya sudah banyak dan saat ini sudah dimuat di majalah Garuda Indonesia - Colours Magazine bulan September ini. Melalui website www.unizara.com, beliau sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Itu salah satu alasan saya tertarik masuk ke dunia blogger karena dengan menulis kita bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

Kemeriahan Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2017

Dragon Boat Race merupakan salah satu event pariwisata tetap yang ada di Kota Tanjungpinang dan termasuk dalam event pariwisata unggulan Provinsi Kepulauan Riau. Dimana pada tahun 2017 ini merupakan event yang ke-16 sejak terbentuknya Kota Otonom Tanjungpinang dan yang ke-11 memperebutkan piala bergilir Gubernur Provinsi Kepulauan Riau. Dragon Boat Race Tanjungpinang adalah sebuah kegiatan olahraga bernuansa budaya diangkat dari sebuah tradisi masyarakat Tionghoa yang ada di Tanjungpinang bernama "SEMBAHYANG KESELAMATAN LAUT".