Langsung ke konten utama

Kejuaraan Triathlon International Ironman 70.3 Bintan 2017


 GenPI Tanjungpinang

Minggu, 20 Agustus 2017 saya dan teman-teman dari komunitas Blogger Kepri dan GenPI Kepri janjian untuk menyaksikan acara kejuaraan triathlon internasional Bintan tahun 2017. Pukul 5 pagi saya sudah menunggu jemputan di gang depan rumah karena kejuaraan akan dimulai pada pukul 6 pagi. Sementara jarak dari rumah ke lokasi kejuaraan sekitar 1 jam perjalanan darat. Lama saya menunggu dan akhirnya saya dijemput sekitar pukul setengah 6 pagi. Setelah menempuh perjalanan selama 1 jam akhirnya kami sampai dilokasi kejuaraan. Sayangnya kejuaraan sudah dimulai dan kami tidak bisa menyaksikan moment dimana para atlet memulai kejuaraan dengan berenang.

Kejuaraan ini diikuti oleh sekitar 1.150 atlet elite dan atlet amatir dari 39 negara. Para atlet elite ini akan memperebutkan total hadiah 15.000 dollar AS. Para atlet akan mengawali lomba dengan berenang sejauh 1,9 kilometer di kawasan Teluk Lagoi. Kemudian bersepeda sejauh 90 kilometer dijalanan mulus dan lebar. Selanjutnya para atlet akan mengakhiri lomba dengan berlari sejauh 21,1 kilometer. Rute sepeda dan renang Ironman 70.3 Bintan terpilih sebagai The Best Long Course di Asia. Para atlet akan disajikan pemandangan yang menarik sepanjang perlombaan.

Kejuaraan Internasional Ironman 70.3 Bintan merupakan ajang Ironman satu-satunya di Indonesia dan salah satu dari lima ajang yang ada di Asia Tenggara. Kejuaraan Ironman 70.3 Bintan hanya dibawah seri Jerman dan Perancis. Kejuaraan ini merupakan kualifikasi untuk mengikuti Kejuaraan Dunia Ironman 70.3 2018 di Afrika Selatan.

Lomba renang menuju finish


 Lomba sepeda


Lomba Lari

Hal yang menarik dari kejuaraan internasional Ironman 70.3 Bintan 2017 adalah keikutsertaan seorang atlet yang berusia 80 tahun. Atlet tersebut bernama Yee Sze Mun dari Malaysia. Yee Sze Mun adalah triathlete tertua di Asia yang biasa terlihat di berbagai lomba triathlon. Dan untuk tahun 2017 di Bintan merupakan kali kedua ikutsertaannya dalam kejuaraan internasional ini. Tak heran kejuaraan internasional Ironman 70.3 Bintan ini merupakan kombinasi antara kekuatan, kemauan, ketahanan dan determinasi.

Top 3 kategori atlet profesional putra

Setelah melalui beberapa perlombaan, akhirnya para atlet sampai ke garis finish. Berikut top 5 kategori atlet profesional untuk putra :
1. Mike Philips (NZL) dengan total waktu 3:54:37
2. Domenico Passuello (ITA) dengan total waktu 3:57:18
3. Fredrik Croneberg (SUI) dengan total waktu 4:01:55
4. Guy Crawford (NZL) dengan total waktu 4:09:24
5. Alexander Polizzi (AUS) dengan total waktu 4:15:26


 Top 3 kategori atlet profesional putri

Dan untuk top 5 kategori atlet profesional untuk putri :
1. Amelia Watkinson (NZL) dengan total waktu 4:20:54
2. Anna Eberhardt (HUN) dengan total waktu 4:33:13
3. Kate Bevilaqua (AUS) dengan total waktu 4:41:46
4. laura Dennis (AUS) dengan total waktu 4:47:20
5. Karen Toumlin (NZL) dengan total waktu 5:11:42

Pemenang kejuaraan didominasi atlet dari Selandia Baru baik untuk kategori atlet profesional putra dan kategori atlet profesional putri. Para pemenang akan mendapatkan kesempatan 30 slot untuk Ironman World Championship 2018 yang akan dilaksanakan di Nelson Mandela Bay, Afrika Selatan. Untuk Bintan, ini merupakan sebuah prsetasi yang luar biasa karena kejuaraan ini sudah diadakan di Bintan selama 3 tahun berturut-turut. Ini menandakan bahwa popularitas Ironman 70.3 Bintan sudah dikenal luas. Dan menurut Menteri Pariwisata, melalui kejuaraan internasional ini bisa mengangkat citra pariwisata Indonesia dan dapat menjadi andalan dalam memperkenalkan destinasi wisata crossborder.

 Foto bersama Kadisparbud Bintan beserta staff

Kadatangan kami ke acara kejuaraan internasional ini juga tak lepas dari fasilitas yang diberikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bintan, Bapak Luki Zaiman Prawira yang telah memberikan kami akses untuk melihat lebih dekat kejuaraan internasional yang sangat bergengsi ini. 


Blogger Kepri dan GenPI Kepri bersama Indofood

Tak lupa kepada salah satu sponsor acara kejuaraan internasional Indofood yang sudah memberikan kami oleh-oleh beberapa produk indofood untuk dibawa pulang. Semoga tahun depan bisa kembali lagi kesini untuk menyaksikan kejuaraan internasional Ironman 70.3 Bintan. Yang pastinya lebih seru dan lebih ramai lagi peserta yang ikut kejuaraan. Maju terus pariwisata Indonesia!!!




Komentar

  1. Wow...seru banget bisa turut berkontribusi utk ajang bergengsi seperti itu bertaraf international. Kereeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo mba Sie-thi, seru banget mba. Melihat lgs manusia2 perkasa dr bbrp negara.

      Hapus
  2. asik banget bisa nyaksiin dan ikut euforia acara ini. aku cuma liatin dari berita temen2 di twitter hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaaaaiii mba Mira, seru mba liat manusia2 super dr mancanegara. Tahun depan bs dijadwal neeh mba buat nonton event ini lg

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tampil Modis Dengan Aksesoris Kekinian

Bagi beberapa perempuan penampilan itu adalah hal yang utama. Saya termasuk perempuan yang sangat memperhatikan penampilan. Bila ingin pergi keluar rumah, saya pasti akan berusaha untuk memadu madankan pakaian yang akan saya kenakan. Mulai dari atasan, bawahan, tas dan juga sepatu semuanya harus senada. Untuk tampilan yang lebih modis lagi biasanya saya selalu menambahkan aksesoris perhiasan seperti cincin, gelang, kalung, anting dan juga bros.  

Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Menulis

Ketika saya sedang membuka beranda, saya membaca status teman saya di Facebook bahwa beliau akan membuka kelas blogger untuk pemula. Saya yang sudah punya blog tetapi masih belum tau begitu banyak tentang dunia per blogger an sangat tertarik untuk mengikuti kelas tersebut. Kemudian saya menghubungi beliau dan saya di invite ke WhatsApp group Kelas Blogger TPI yang dibuat beliau. Ruziana adalah salah satu blogger di Tanjungpinang yang sudah lama malang melintang di dunia blogger dan sudah sangat terkenal. Tulisannya sudah banyak dan saat ini sudah dimuat di majalah Garuda Indonesia - Colours Magazine bulan September ini. Melalui website www.unizara.com, beliau sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Itu salah satu alasan saya tertarik masuk ke dunia blogger karena dengan menulis kita bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

Kemeriahan Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2017

Dragon Boat Race merupakan salah satu event pariwisata tetap yang ada di Kota Tanjungpinang dan termasuk dalam event pariwisata unggulan Provinsi Kepulauan Riau. Dimana pada tahun 2017 ini merupakan event yang ke-16 sejak terbentuknya Kota Otonom Tanjungpinang dan yang ke-11 memperebutkan piala bergilir Gubernur Provinsi Kepulauan Riau. Dragon Boat Race Tanjungpinang adalah sebuah kegiatan olahraga bernuansa budaya diangkat dari sebuah tradisi masyarakat Tionghoa yang ada di Tanjungpinang bernama "SEMBAHYANG KESELAMATAN LAUT".