Novel 'Love Catcher' Karya Penulis Tanjungpinang

novel karya dari warga tanjungpinang
Launching Novel 'Love Catcher'
Kagum dan bangga banget karena ternyata Tanjungpinang punya penulis hebat kaliber nasional. Riawani Elyta yang biasa saya panggil kak Lyta lahir dan menetap di Tanjungpinang. Kak Lyta adalah seorang isteri, ibu dari 3 (tiga) orang anak, penulis dan juga mentor kelas Menulis Online Smart Writer. Dari hobinya menulis, kak Lyta telah menghasilkan 16 (enam belas) novel dan 7 (tujuh) buku nonfiksi. Selain menulis buku, blog dan artikel kak Lyta juga aktif dalam komunitas Kelas Inspirasi. Wanita yang mengabdikan dirinya di Pemerintah Kabupaten Bintan ini juga memiliki kecintaan terhadap photography.

novel karya dari warga tanjungpinang
Novel LOVE CATCHER

Minggu  malam kemarin tepatnya tanggal 25 Februari, kak Lyta me-launching novel barunya yang ke 17 (tujuh belas) dengan judul 'LOVE CATCHER'. Berbeda dengan launching novel sebelumnya, untuk yang pertama kalinya kak Lyta launching novel di kota kelahirannya tercinta Tanjungpinang. Banyak tamu undangan yang hadir pada acara tersebut diantaranya beberapa komunitas yang ada di Tanjungpinang seperti Blogger, Kelas Inspirasi, Kompakers, para pembaca, dll.

novel karya dari warga tanjungpinang
Penulis Riawani Elyta dan MC mas Denny
Acara dimulai pada jam 8 malam di Cafe Qong Kali Qong dan dipandu oleh MC mas Denny. Setelah mas Denny membuka acara dan memperkenalkan penulis novel, kemudian kak Lyta pun mulai menceritakan tentang novel Love Catcher yang merupakan rangkaian love series. Love Catcher bercerita tentang jatuh bangunnya seorang pengusaha wanita yang merintis usaha coklat yang diselingi adanya unsur cinta segitiga. Konflik cinta yang dihadapi oleh tokoh pada novel ini biasanya sering dialami oleh orang yang akan menikah.  

novel karya dari warga tanjungpinang
Dapat hadiah buku 'I Will Survive'

Novel ini terinspirasi dari percampuran antara imajinasi penulis (kak Lyta), pengalaman pribadi orang lain yang diceritakan kepada penulis dan didukung oleh referensi-referensi yang lainnya. Idenya berawal dari teman kak Lyta yang kebetulan namanya sama yaitu Elita yang memang seorang pengusaha coklat wanita dengan brand Chocolieta. Novel ini sangat realistis sesuai dengan kehidupan sehari-hari, santun tidak ada gambaran vulgar, memiliki pesan untuk berbakti kepada orang tua dan semangat dalam membangun bisnis. Tantangan terbesar dalam menulis novel ini berasal dari diri sendiri (penulis) yang biasanya cenderung menulis dengan ritme yang tenang tapi karena tertantang ingin melakukan sesuatu hal yang baru mencoba untuk menulis dengan ritme yang lebih tinggi dengan meniru gaya penulis lain. Yang pada akhirnya penulis merasa itu bukan dirinya dan kembali ke tulisan dengan ritme yang tenang meskipun harus mengulang tulisan yang sudah dibuat beberapa halaman. 


novel karya dari warga tanjungpinang
Penulis sedang membubuhkan tandatangan di novelnya

Alasan kenapa novel ini diberi judul Love Catcher adalah bagaimana agar cinta yang sudah didapat tetap berada di genggam. Judul tersebut merupakan pilihan dari Gagas Media sebagai penerbit. Proses penulisan novel menghabiskan waktu selama 4 - 5 bulan dan proses editing selama 1 (satu) bulan. Sebagai Ibu sekaligus pengabdi negara, penulisan novel dikerjakan oleh kak Lyta pada tengah malam setelah anak-anaknya tidur.

novel karya dari warga tanjungpinang
Saya dan penulis Riawani Elyta

Ada banyak keseruan selama acara launching berlangsung diantaranya ada sesi tanya jawab dan bagi-bagi doorprize dari beberapa sponsor. Para tamu undangan yang bertanya akan mendapatkan hadiah buku dari kak Lyta. Alhamdulillah saya juga kebagian hadiah dari kak Lyta karena bisa menjawab pertanyaan yang diberikan. Meskipun harus cepet-cepetan angkat tangan dengan undangan lainnya untuk rebutan menjawab pertanyaan yang diberikan.

novel karya dari warga tanjungpinang
Bersama Blogger Tanjungpinang

Diakhir acara kak Lyta memberikan kami para blogger Tanjungpinang goodie bag yang berisi novel Love Catcher, buku catatan dan pena. Ooooh iyaa, pas acara launching kemarin kak Lyta memberikan diskon khusus untuk tamu undangan yang ingin membeli dengan harga diskon dari 75k jadi 60k plus bonus voucher Chocolieta dan pelatihan gratis penulisan artikel inspirasi via WAG. Untuk wilayah Tanjungpinang novel Love Catcher bisa dibeli di toko buku Lotus.

Sekali lagi saya ucapkan Selamat dan sukses buat kak Riawani Elyta atas launching bukunya yang ke 17 'LOVE CATCHER'. Semoga bisa membagikan ilmunya yang sangat bermanfaat dan menjadi inspirasi buat generasi muda untuk berkarya sebagai penulis.

14 comments:

  1. Jadi penasaran sama novelnya mba. Seneng bgt bisa di kasih novel gratis hehehe
    Mauuuuuu 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg msh penasaran mba, baru baca bbrp halaman aj, hehehehehee

      Delete
  2. kak ria makin keren aja ni. novel cinto cinto

    ReplyDelete
  3. ayo semangat menulis
    biar bisa hasilkan buku spt kak ria
    semangaaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaaat uni, msh harus byk belajar dr uni dan kak lyta niiih

      Delete
  4. cihuy bertaburan hadiah...kerenlah pokoknya acaranya, seru dan bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren mba acaranya tertata rapi dan MC nya bisa membawa suasana jd enjoy

      Delete
  5. Rutinitas padat tapi Kak Riawani Elyta bisa melahirkan novel. Kereeeennnnn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mba, kyknya 24 jam waktu gak cukup sangking padatnya aktivitas kak Lyta

      Delete
  6. Beruntung ya dpt undangan dan ketemu langsung sama penulisnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapat buku + tandatangan + bisa foto bareng penulisnya. beruntungnya kebangetan mba

      Delete
  7. Mauu pinjeeem sist hihi

    www.annisakusumastuti.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinjem?? beli doooooong, wkwkwkkwk

      Delete

TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG