Tips Menggunakan Air dengan Bijak Agar Tagihan PDAM Tidak Membengkak

Air memang telah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Selain untuk minum, air juga digunakan untuk berbagai keperluan lainnya, mulai dari mandi, mencuci baju, mencuci piring, dana lain sebagainya.


Di masa lampau, orang-orang memanfaatkan air yang mengalir di sungai atau sumber mata air alami untuk mendapatkan akses air bersih. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, hal itu sudah sulit untuk dilakukan, terutama di kota-kota besar. Sekarang, kalau bukan membuat sumur bor atau membeli air di pedagang air keliling, orang-orang umumnya menggunakan jasa PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) sebagai penyedia akses air bersih untuk keperluan sehari-harinya. Pembayarannya juga semakin mudah, bisa dilakukan di situs ini.

PDAM sendiri merupakan sebuah perusahaan milik pemerintah yang memiliki fungsi utama untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat. Sebagai unit usaha yang secara khusus menjadi milik daerah, PDAM beroperasi pada setiap provinsi, kota, atau kabupaten yang ada di Indonesia dan dimonitor oleh aparat eksekutif serta legislatif di wilayahnya.

Tips Menggunakan Air

Apabila Anda menggunakan jasa PDAM, setiap bulannya Anda pastinya akan mendapatkan tagihan sesuai dengan banyaknya air yang digunakan. Meskipun tidak semahal biaya listrik, tetapi jika Anda boros dalam menggunakannya, tagihan PDAM Anda tentu juga bisa membengkak. Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Nah, berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam menggunakan air.

1.  Matikan Kran Air saat Tidak Digunakan
cara irit air
Cek tagihan pdam - Isigood.com
Saat mencuci tangan atau menggosok gigi, Anda pasti sering lupa atau malah sengaja tidak mematikan kran air wastafel. Hal ini merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan pemborosan air. Sebab, saat kran air yang tidak digunakan Anda biarkan terbuka, air akan terbuang dengan sia-sia tanpa digunakan. Jika tidak ingin biaya tagihan PDAM bulanan Anda membengkak, maka mulailah untuk menghemat penggunaan air dengan cara sederhana seperti mematikan kran air saat tidak digunakan.

  1. Cek Kebocoran
cara irit air
Cek tagihan pdam - Majalahasri.com
Setiap air yang mengalir, baik yang memang digunakan tanpa sepengetahuan atau tidak, akan selalu tercatat pada meteran air PDAM. Jadi, pastikan tidak ada pipa atau kran air yang bocor dan menyebabkan aliran air terbuang secara percuma. Sebab, Anda tetap harus membayar tagihan dari air yang bocor tersebut walau tidak digunakan sama sekali. Apabila Anda belum sempat membetulkan pipa atau kran air yang mengalami kebocoran, tampunglah air tersebut agar dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

  1. Mandi Menggunakan Shower atau Pancuran
cara irit air
Cek tagihan pdam - Dynotank.blogspot.com
Tahukah Anda, mandi menggunakan gayung ternyata bisa menghabiskan hingga 15 liter air untuk sekali mandi. Jumlah yang sangat banyak, bukan? Berbeda jika Anda menggunakan shower atau pancuran. Saat Anda mandi dengan air yang keluar dari pancuran, Anda hanya akan menghabiskan rata-rata sebanyak 9 liter air saja. Meski begitu, jika tidak ingin tagihan air membengkak, Anda tentu harus tetap bijak dalam menyalakan pancuran, ya.

  1. Bijak dalam Mencuci Pakaian
cara irit air
Cek tagihan pdam - Alihamdan.id
Ketika hendak mencuci pakaian, ada baiknya jika Anda menunggu dulu sampai pakaian kotor sudah mencapai jumlah yang cukup banyak. Dengan begitu, Anda tidak akan memboroskan air hanya untuk mencuci satu potong atau dua potong pakaian. Selain itu, ada baiknya juga jika Anda menggunakan mesin cuci hemat air agar dapat mengurangi penggunaan air saat proses mencuci.

  1. Reuse Water
cara irit air
Cek tagihan pdam - Rtpure.com

Menggunakan air yang sudah terpakai untuk keperluan lain juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat penggunaan air. Anda bisa menggunakan air bekas mencuci baju untuk menyiram taman atau membersihkan garasi. Dengan cara ini, tidak akan ada air yang terbuang secara percuma.

Cara Cek Tagihan PDAM

Cara cek tagihan PDAM sebenarnya cukup mudah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cek tagihan PDAM.

  1. Melalui Situs Resmi PDAM
cara irit air
Cek tagihan pdam - Twitter.com
Cara cek tagihan PDAM yang pertama adalah melalui situs resmi PDAM daerah setempat. Untuk wilayah Jakarta, Anda bisa mengecek info mengenai tagihan PDAM melalui alamat pamjaya.co.id. Setelah masuk ke halaman utama, pilih menu “Perkiraan Tagihan” dan lanjutkan memilih menu “Kelompok Tarif” dan klik “Ukuran Meter Air”. Selanjutnya, isi jumlah pemakaian air Anda pada kolom yang telah disediakan. Jika sudah, klik tombok “Kalkulasi” dan sistem akan menampilkan jumlah tagihan yang harus Anda bayarkan.

  1. Melalui ATM
cara irit air
Cek tagihan pdam - 4baharan.ir
Cek tagihan PDAM juga bisa dilakukan melalui ATM. Berikut adalah langkah-langkahnya.
         Masukkan kartu Anda ke mesin ATM dan ketikkan PIN otentifikasi
         Pilih menu “Bayar atau Beli”
         Pilih menu “PAM”
         Pilih menu “PAM Lainnya”, lalu tekan “Ya”
         Pilih daftar kode PAM untuk mencari kode PAM sesuai domisili
         Ketik kode PAM sesuai tempat tinggal
         Jika sudah benar, tekan “Benar”
         Lanjutkan dengan mengetikkan nomor pelanggan PDAM dan tekan “Benar” jika data yang Anda masukkan sudah benar
         Tunggu beberapa saat sampai sistem memunculkan rincian tagihan PDAM pada layar
-    Jika ingin melanjutkan ke proses pembayaran, ikuti saja petunjuk yang ditampilkan pada layar mesin

  1. Melalui Pihak Ketiga
Selain melalui situs resmi PDAM masing-masing daerah, kini Anda juga bisa cek tagihan PDAM di situs atau aplikasi pihak ketiga yang menyediakan layanan pembayaran seperti Traveloka. Caranya pun cukup mudah, berikut adalah cara cek tagihan PDAM di situs Traveloka.
      Masuk ke akun Traveloka Anda. Jika belum punya, lakukan registrasi dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan
        Pada halaman utama, arahkan kursor ke menu “Bill Payment” atau “Bayar Tagihan” yang   terletak di bagian kanan atas
    Masukkan nomor pelanggan PDAM Anda di form yang tersedia. Selain itu, pilih juga penyedia layanan air bersih sesuai dengan wilayah
     Jika data nomor pelanggan dan penyedia layanan yang dipilih sudah benar, lanjutkan dengan mengeklik tombol “Buy Now” atau “Beli Sekarang”. Tak lama kemudian, sistem akan menampilkan rincian mengenai jumlah tagihan air Anda.
Jadi, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat air dan mengecek tagihan PDAM. Semoga bermanfaat!

12 comments:

  1. asik juga ya traveloka dah bisa bayar air... makin mantap aja applikasi yang satu ini. Kehadirannya memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak, mempermudah masyarakat. dengan 1 aplikasi kita bisa melakukan berbagai hal. bisa irit waktu dan tenaga juga.

      Delete
  2. Wow, ternyata Traveloka sekarang udah bisa buat bayar tagihan air. makin mudah aja nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak, zaman makin canggih. Apa2 sekarang serba mudah dan praktis

      Delete
  3. Wah ia nih kerennn banget tipsnya kak, bisa berhemat air pastinya jadi hemat bayarnya. Wah keren yak bayarnya bisa menggunakan Traveloka sekrang Traveloka makin inovatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bijak menggunakan air kak biar gak boros air dan yang pasti gak boros tagihan

      Delete
  4. wah, makasih banget infonya kak. entar aku bayar air lewat Traveloka aja dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 kak. Pokoknya kalo mo apa2 sekarang di Traveloka ajaaah

      Delete
  5. traveloka semakin mudah aja ni semua bisa di bayar di traveloka. cari jodoh di traveloka bisa gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diusulin tuuu ke pengelolanya biar dibikinin khusus boss, wkwkwkwkwk

      Delete
  6. iya nih, patut dicoba biar tagihan air ga membengkak. bayar juga jd lebih mudah ya. terimakasih akakk infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup pipi aja yang membengkak, jangan tagihan air, hihihihihihih. Sama2 akak

      Delete

TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG