Kejuaraan Triathlon International Ironman 70.3 Bintan 2017

by - August 22, 2017

ironman 70.3 bintan

 GenPI Tanjungpinang

Minggu, 20 Agustus 2017 saya dan teman-teman dari komunitas Blogger Kepri dan GenPI Kepri janjian untuk menyaksikan acara kejuaraan triathlon internasional Bintan tahun 2017. Pukul 5 pagi saya sudah menunggu jemputan di gang depan rumah karena kejuaraan akan dimulai pada pukul 6 pagi. Sementara jarak dari rumah ke lokasi kejuaraan sekitar 1 jam perjalanan darat. Lama saya menunggu dan akhirnya saya dijemput sekitar pukul setengah 6 pagi. Setelah menempuh perjalanan selama 1 jam akhirnya kami sampai dilokasi kejuaraan. Sayangnya kejuaraan sudah dimulai dan kami tidak bisa menyaksikan moment dimana para atlet memulai kejuaraan dengan berenang.

Kejuaraan ini diikuti oleh sekitar 1.150 atlet elite dan atlet amatir dari 39 negara. Para atlet elite ini akan memperebutkan total hadiah 15.000 dollar AS. Para atlet akan mengawali lomba dengan berenang sejauh 1,9 kilometer di kawasan Teluk Lagoi. Kemudian bersepeda sejauh 90 kilometer dijalanan mulus dan lebar. Selanjutnya para atlet akan mengakhiri lomba dengan berlari sejauh 21,1 kilometer. Rute sepeda dan renang Ironman 70.3 Bintan terpilih sebagai The Best Long Course di Asia. Para atlet akan disajikan pemandangan yang menarik sepanjang perlombaan.

Kejuaraan Internasional Ironman 70.3 Bintan merupakan ajang Ironman satu-satunya di Indonesia dan salah satu dari lima ajang yang ada di Asia Tenggara. Kejuaraan Ironman 70.3 Bintan hanya dibawah seri Jerman dan Perancis. Kejuaraan ini merupakan kualifikasi untuk mengikuti Kejuaraan Dunia Ironman 70.3 2018 di Afrika Selatan.

ironman 70.3 bintan
Lomba renang menuju finish


ironman 70.3 bintan
 Lomba sepeda

ironman 70.3 bintan

Lomba Lari

Hal yang menarik dari kejuaraan internasional Ironman 70.3 Bintan 2017 adalah keikutsertaan seorang atlet yang berusia 80 tahun. Atlet tersebut bernama Yee Sze Mun dari Malaysia. Yee Sze Mun adalah triathlete tertua di Asia yang biasa terlihat di berbagai lomba triathlon. Dan untuk tahun 2017 di Bintan merupakan kali kedua ikutsertaannya dalam kejuaraan internasional ini. Tak heran kejuaraan internasional Ironman 70.3 Bintan ini merupakan kombinasi antara kekuatan, kemauan, ketahanan dan determinasi.

ironman 70.3 bintan
Top 3 kategori atlet profesional putra

Setelah melalui beberapa perlombaan, akhirnya para atlet sampai ke garis finish. Berikut top 5 kategori atlet profesional untuk putra :
1. Mike Philips (NZL) dengan total waktu 3:54:37
2. Domenico Passuello (ITA) dengan total waktu 3:57:18
3. Fredrik Croneberg (SUI) dengan total waktu 4:01:55
4. Guy Crawford (NZL) dengan total waktu 4:09:24
5. Alexander Polizzi (AUS) dengan total waktu 4:15:26

ironman 70.3 bintan

 Top 3 kategori atlet profesional putri

Dan untuk top 5 kategori atlet profesional untuk putri :
1. Amelia Watkinson (NZL) dengan total waktu 4:20:54
2. Anna Eberhardt (HUN) dengan total waktu 4:33:13
3. Kate Bevilaqua (AUS) dengan total waktu 4:41:46
4. laura Dennis (AUS) dengan total waktu 4:47:20
5. Karen Toumlin (NZL) dengan total waktu 5:11:42

Pemenang kejuaraan didominasi atlet dari Selandia Baru baik untuk kategori atlet profesional putra dan kategori atlet profesional putri. Para pemenang akan mendapatkan kesempatan 30 slot untuk Ironman World Championship 2018 yang akan dilaksanakan di Nelson Mandela Bay, Afrika Selatan. Untuk Bintan, ini merupakan sebuah prsetasi yang luar biasa karena kejuaraan ini sudah diadakan di Bintan selama 3 tahun berturut-turut. Ini menandakan bahwa popularitas Ironman 70.3 Bintan sudah dikenal luas. Dan menurut Menteri Pariwisata, melalui kejuaraan internasional ini bisa mengangkat citra pariwisata Indonesia dan dapat menjadi andalan dalam memperkenalkan destinasi wisata crossborder.

ironman 70.3 bintan
 Foto bersama Kadisparbud Bintan beserta staff

Kadatangan kami ke acara kejuaraan internasional ini juga tak lepas dari fasilitas yang diberikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bintan, Bapak Luki Zaiman Prawira yang telah memberikan kami akses untuk melihat lebih dekat kejuaraan internasional yang sangat bergengsi ini. 

ironman 70.3 bintan

Blogger Kepri dan GenPI Kepri bersama Indofood

Tak lupa kepada salah satu sponsor acara kejuaraan internasional Indofood yang sudah memberikan kami oleh-oleh beberapa produk indofood untuk dibawa pulang. Semoga tahun depan bisa kembali lagi kesini untuk menyaksikan kejuaraan internasional Ironman 70.3 Bintan. Yang pastinya lebih seru dan lebih ramai lagi peserta yang ikut kejuaraan. Maju terus pariwisata Indonesia!!!




You May Also Like

4 comments

  1. Wow...seru banget bisa turut berkontribusi utk ajang bergengsi seperti itu bertaraf international. Kereeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo mba Sie-thi, seru banget mba. Melihat lgs manusia2 perkasa dr bbrp negara.

      Delete
  2. asik banget bisa nyaksiin dan ikut euforia acara ini. aku cuma liatin dari berita temen2 di twitter hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaaaiii mba Mira, seru mba liat manusia2 super dr mancanegara. Tahun depan bs dijadwal neeh mba buat nonton event ini lg

      Delete